Sabtu, 01 Mei 2010

ERP DAN E-COMMERCE

1. ERP (Enterprise Resource Planning) adalah Sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.
2. Sejarah ERP berawal dari Manufacturing Resource Planning(MRP II). Sesuai dengan perkembangan zaman dan globalisasi MRP(II) tersebut berevolusi menjadi Manufacturing Resource Planning/MRP yang bertugas untuk Menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan, guna mengontrol aktivitas bisnis.
3. Tujuan Sistem ERP adalah :
 Tujuan dari sistem ERP adalah untuk menyatukan dan mengatur semua data dan proses-proses dalam organisasi bisnis.
 A common denominator dari kebanyakan sistem ERP adalah penggunaan database yang bersatu untuk penyimpanan data dan sistem lain modul.
4. Keuntungan ERP adalah :
 Penurunan inventori
 Penurunan tenaga kerja secara total
 Peningkatan service level
 Peningkatan kontrol keuangan
 Menghemat waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi
5. Pengertian E-Commerce adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
6. Sejarah E-Commerce
Pada tahun 1994 mulai diperkenalkan sebagai jasa pembelian dan penjualn produk yang menggunakan media elektronik. Kemudian pada taun 2003 samapai dengan tahun 2006
E-Commerce mulai dikembangkan, sehingaa pada tahun 2011 diharapkan dapat meningkatkan pendapatan (income).
7. Pengaruh penggunaan E-Commerce terhadap perkembangan perusahaan :
a) Menyediakan harga kompetitif
b) Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
c) Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
d) Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
e) Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
f) Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
g) Mempermudah kegiatan perdagangan
8. Mekanisme E-Commerce
1) Pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan ‘shopping cart’untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan dibayar. ‘Shopping cart’biasanya berupa formulir dalam web, dan dibuat dengan kombinasi CGI, database, dan HTML. Barang-barang yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa di-cancel, jika pembeli berniat untuk membatalkan membeli barang tersebut
2) jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih, ia harus mengisi form transaksi.
3) pembeli mengadakan transaksi, retailer akan mengirimkan barang yang dipesan melalui jasa pos langsung ke rumah pembeli. Beberapa cybershop menyediakan fasilitas bagi pembeli untuk mengecek status barang yang telah dikirim melalui internet.
9. Pengaruh ERP (Enterprise Resource Planning) dan E-commerce dalam dunia bisnis
1) Financial  Cash Management
2) Proyek  penagihan, costing, waktu dan biaya, kegiatan manajemen
3) Customer Relationship Management  Sales dan marketing, komisi dan service, call center dukungan, pelanggan kontak.
10. Kelebihan E-Commerce :
 Memudahkan dalam memasarkan suatu barang
 menciptakan saluran distribusi (memperbanyak pelanggan)
 penghematan biaya dan waktu
 Mengubah karakteristik pekerjaan, karir, dan kompensasi
 Pelayanan lebih responsif dan memuaskan
 (on-line)
11. Perbedaan ERP dan E-Commerce :
ERP  Producing
E-Commerce  Marketing

0 komentar: