Kamis, 18 Maret 2010

PROTOKOL JARINGAN DAN INTERFACE

1. Pengertian protokol jaringan adalah Aturan-aturan atau tata cara yang digunakan untuk pertukaran data dalam sebuah jaringan mulai dari format data sampai koneksi listrik dalam jaringan.
2. Macam protokol jaringan antara lain ;
• HTTP (Hypertext Transfer Protocol) : Merupakan protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW).
• POP3 (Post Office Protocol Version 3) : Mengambil email yang kita terima dari server email tanpa harus login ke acount email
• SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) : biasanya digunakan untuk pengiriman surat elektronik di internet.
• WAP (Wireless aplication Protocol) : Protokol aplikasi yang memungkinkan internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainnya.
• DNS (Domain Name System) : sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.
3. Pengertian Interface adalah
• Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya.
• Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.
4. Interface terdiri dari :
• PORT USB
• RS232

Rabu, 17 Maret 2010

hardware dan software masa depan

1. Prinsip teknologi masa depan:
• Canggih / fitur lengkap
• Ringan
• Ergonomis
• Hemat energy
2. Contoh hardware masa depan :
• Roll top
• Pen computer
• Handphone transparent(berbentuk seperti jam tangan)
3. Contoh software masa depan :
• Microsoft surface
• autoCad
• photoshop
4. Green Computer adalah pemanfaatan kembali barang – barang computer yang rusak atau tidak terpakai menjadi barang computer yang layak dipakai.
5. Cara menghemat energy salah satu caranya dengan menggunakan:
• Solar cell
• Bakteri (dalam proses penelitian)

hardware dan software masa kini

1. Hardware adalah perangkat keras atau sebuah alat atau benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu.
2. Jenis – jenis hardware :
• Perangkat masukan, contoh : keyboard, mouse, scanner
• Perangkat keluaran, contoh : monitor, printer
• Perangkat pengolah data, contoh: CPU
3. Software adalah suatu system yang menghubungkan suatu computer (Hardware) dengan User (pengguna) agar dapat tercipta seuatu system yang dapat di berfungsi sesuai kemauan User. Software pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras, melakukan perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak lainnya, dan lain-lain.
4. Freeware adalah konten yang didistribusikan secara bebas oleh penciptanya dan tanpa biaya untuk mendownloadnya alias gratis, namun masih memiliki batasan hak penciptanya. Konten Freeware itu isinya beraga, ada yang berupa aplikasi(software), dokumen (ebook,dokumen word), source code, engine web (wordpress, CMS, PHPBB), Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner.
Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya.
5. Contoh software masa kini :
• iTunes
• Google Earth
• Matlab
• Google Sketchup
• AutoCad 2007
• Microsoft Office 2010
• Adobe After Effect